Organisasi berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan . Istilah organisasi dapat diartikan sebagai berikut :
wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerjasama (statis).
proses : pengelompokkan manusia dalam kerjasama yang efisien (bersifat dinamis)
Sejarah Organisasi dan Metode :
Berasal dari negara inggris , yakni pada saat dibentuk Organization and Methods Division pada Departemen Keuangan Inggris Kerajaan Inggris setelah perang dunia II .Setelah PD II semua pemenang berlomba untuk merehabilitas keekonomian dan keuangannya.
Metode merupakan tata kerja atau cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan manajemen bisa dilaksanakan sesuai tujuan, sedangkan Organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Organisasi dan Metode :
- kunci dan syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
- mutlak dalam kegiatan manajemen
- memanfaatkan segala sumber dan waktu
- berguna untuk peningkatan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Teori Organisasi :
1. Teori organisasi klasik
- Teori birokrasi
- Teori Administrasi
2. Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan
Manajemen merupakan proses kegiatan dari seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan.
Kegiatan Manajemen :
- planning (perencanaan)
- organizing (pengorganisasian)
- motivating (motivasi)
- controlling (pengendalian)
Ruang Lingkup Organisasi dan Metode :
- Analisis Organisasi
- Komunikasi dalam Organisasi
- Tata kerja , Tata aliran , dan sistem
- Pendayagunaan mesin kantor
- Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan
- Kesimpulan akhir